Balada pancik (cookware)


Halo, minna saaan.
Berbarengan jadwal dapur dengan kelas shokyuu batch 2 dan chukyuu batch 1, saya mau nulis soal cookware (dan bakeware, kalo emang si cookware nyerempet2). Alias panci.


Panci?
Mau dibahas?
Iyaa.. bahas panci.
Emang kenapa? Kan sama ajaaa.. Semua dipake masak. Paling harga nya aja kan yaa selangit sama muraaaa.
Hahahaha. 
Emang iya?


Menurut buebu pada umumnya, panci sama aja. Tapiii.... Menurut para ahli perpancian (dan berkaitan dengan kesehatan tubuh), bahan pembuat panci ada yang direkomendasikan dipakai ada yang direkomendasikan untuk (kalo pake istilah shokyuu class batch 2) dihempas saja. 
Hah? Dibuang?
Iya.


Yaudah, saya mulai bahas ya. Oia.. BAHASAN INI TIDAK MEMBAHAS KESELURUHAN JENIS BAHAN PEMBUAT ALAT MASAK. Hanya beberapa saja yang umum/banyak digunakan, yaa.. jika minna san ingin menambahkan, silahkan...


Apa aja alat masak yang direkomendasikan untuk dihempas?
Beberapa bahan alat masak berikut ini, umum nya direkomendasikan untuk diganti saja.


1. Alat masak terbuat dari ALUMINIUM
Aluminium adalah salah satu bahan paling buaaanyak digunakan oleh manusia sebagai alat masak.
Jelas-jelas murah, ringan, dan masa pakainya bisa panjang.
Bahkan aluminium ada dimana-mana. Bukan cuma di panci, bahan anti kempal pun menggunakan aluminium.

Tetapi dibalik itu, bahaya nya juga nggak kalah bikin heboh.
Memasak makanan dengan menggunakan panci berbahan aluminium dapat menyebabkan aluminium nya terlepas dan larut kedalam makanan. Terutama jika memasak dengan kandungan garam, memasak bayam, atau pun tomat. Kemudian, kita makan, masuk kedalam tubuh kita.
Didalam tubuh, alauminium berkaitan dengan kerusakan jaringan otak dan menhambat tubuh dari melakukan proses detoksifikasi. 
Hwaadduuh. Kebayang kaaann betapa tubuh kita jadinya isinya sampah karena tertahan proses detoks.

Walaupun ada penelitian lain yang menyatakan bahwa aluminium yang masuk akan terbuang melalui urine, tetapi kasusnya justru akan memicu kerusakan ginjal (kerena menyaring aluminium), yang kemudia memicu ke penyakit dementia, anemia dan masalah tulang.

Belum lagi, serbuk aluminium dari kikisan pancinya mungkin juga terhirup.

Bahkan, belakangan, ada data mengenai kaitan antara paparan aluminium dengan penyakit alzheimer.

Makin serem, minna saaan.


2. Alat masak dengan lapisan TEFLON
Hah. Semua alat masak saya teploon, ibuuuk.
Oke, saat nya dihempas. Hehehe.
Kenaapaa?
Pada dasarnya, pelapisan teflon sangat umum pada alat masak. Selain anti lenglet, sehingga asik sekali pada saat memasak dan mencuci perabot tersebut, harga nya juga relatif terjangkau. Tetapi, bahaya dibalik nya.. nggak sepadan. 

Ih.. knapaahh?
Lapisan anti lengket pada teflon, sebenarnya relatif aman ketika dia belum tergores. Ketika sudah tergores, kandungan teflon akan masuk ke makanan dan menyebabkan penyakit dengan nama POLYMER FUME FEVER dan berakibat fatal pada kehamilan. 
Berarti aman dong kalo nggak ngelupas?
Nggak juga, karena ada ahli juga melakukan percobaan, mengatakan, bahwa lapisan teflon yang rata rapih pun ketika dipanaskan diatas kompor selama 2 sampai 5 menit, si teflon sudah akan mengeluarkan partikel dan gas beracun nya. Terhirup? Dadah babay. 

Bahan yang digunakan pada teflon namanya PFTE/PFOA. Bahan tersebut, dalam pembuluh darah manusia, berkaitan dengan naiknya kolesterol, penyakit tiroid, dan mengurangi kesuburan.

WAW. 
HEMPAS SAJA LAH YAA, mba cha?

iya. 


3. Alat masak berbahan dasar TEMBAGA
Alat masak berbahan dasar tembaga banyak juga ditemukan secara umum. Seperti halnya besi, tembaga adalah mineral yang penting (bagi tubuh), namun kelebihan tembaga merupakan racun bagi tubuh dan dapat mengganggu kesehatan.

Lho lha apa hubungannya sama panci? Ya ada. Ketika kita memasak menggunakan panci tembaga, maka makanan akan langsung bereaksi dengan alat masak tembaga, jika alat masak itu tidak dilapisi dan menyebabkan masuknya tembaga ke makanan.

Sehingga, jika ingin tetap menggunakan alat masak tembaga, pilihlah alat masak tembaga yang sudah dilapisi stainless steel.



Gimana? Udah serem? Hehehe.
Ya kalo udah, mari kita cari gantinya.
Ada beberapa bahan alat masak yang aman dan direkomendasikan untuk digunakan. Antara lain :

1. KACA
Penggunaan kaca sebagai alat masak, sangatlah direkomendasikan. Kaca tidak akan larut ke dalam makanan dan tidak akan menyerap bau makanan. 
Namun, tentu saja mudah pecah, dan harganya relatif mahal.

Selain itu, tidak semua kaca aman digunakan untuk memasak. Kemudian, yang mana yang bisa digunakan?
Pilihlah kaca dengan keterangan borosilicate dan aman digunakan diatas kompor/oven. Keterangan harus jelas. Jika menggunakan lime glass, kemudian digunakan untuk memasak, bisa terjadi hal buruk misalnya pecah ketika memasak.

Gelas-gelas buatan Eropa dan Amerika sangat direkomendasikan untuk digunakan. Namun, sekali lagi, harus betul-betul membaca keterangan pada kemasan atau web resmi produk tersebut, karena beberapa merk ada juga yang menggunakan timbal pada proses pembuatan nya. Sangat disayangkan. 

Merk-merk panci yang umum digunakan (yang ada di Indonesia) adalah : Luminarc, Vision.
Sedangkan bakeware ada : arcuisine, pyrex lama buatan eropa, marinex (dari meksiko), dan mason jar.

Yeah i am #teammasonjar #teamwidemouth


2. TITANIUM
Bahan yang sama dengan plat MESIN KANGEN WATER di rumah saya. Hahaha.
Titanium merupakan golongan besi non-toxic dan biocompatible, biasanya digunakan untuk peralatan kedokteran, implan gigi, dan gips/pen penyambung patah tulang.

Titanium sangat ringan dan sangat kuat. Sangat direkomendasikan untuk alat-alat masak, karena titanium juga tidak berpori dan anti lengket. Namun memang, alat masak ini tetap menggunakan aluminium dilapisan bawah untuk menghantarkan panas. Hanya saja, perlu diperhatikan, ada beberapa produksi alat masak titanium yang melapisi bagian alat masak mereka dengan lapisan anti lengket. Oh, so saaadddd... Teliti sebelum membeli. 

Alat masak titanium yang terkenal di indonesia misalnya merk T-chef dari Tupperware.



3. STAINLESS STEEL
Alat masak ini disebut stainless karena kemampuannya menghadapi karat. Tsaahh.. dia bertempur melawan karat. Haha. Ya namanya juga steel. Permukaan stainless steel tidak mengelupas, sehingga material pembuatnya tidak akan masuk dan mencemari makanan seperti halnya alat masak anti lengket lain. Kromium akan mengikat oksigen dipermukaan sehingga tidak bereaksi dengan besi menimbulkan karat. Begitu juga dengan nikel.

Stainless steel adalah kombinasi dari beberapa bahan seperti karbon, chromium, nikel dan atau mangan. Karena mengandung bahan-bahan tersebut, stainless steel kualitas rendah mungkin akan melepaskan sedikit nikel ke makanan pada saat memasak.

Namuuun, tidak perlu kuatir jika minna san membeli set panci stainless dengan kualitas tinggi. Hanya akan ada sedikiiiiiiiiiit sekali nikel yang mungkin masuk, karena memang kualitas tinggi stainless steel dibuat untuk menghindari rembesan dan reaktivitas saat digunakan memasak.

Walaupun lebih banyak nikel didalam campuran nya membuat panci lebih tahan karat, namuuun, untuk meminimalisir potensial masuknya nikel, ideal nya dipilih panci dengan kode 18/4 atau 18/0 (angka didepan menunjukkan jumlah persentase kromium, kedua adalah nikel). Namuuun peralatan ini tentu sulit sekali ditemukan, sehingga yang terbaik adalah menggunakan stainless steel dengan kode 18/8 atau 18/10.

Bisa juga mencari alat masak dengan kode SUS 304. Kode ini artinya perbandingan antara tidak lebih dari 0,8% carbon dan 50% besi. 


Di rumah, saya menggunakan peralatan masak ini. 
Merk yang saya pakai : solingen dan zebra.
Banyak sekali sebetulnya merk-merk yang direkomendasikan dan tersedia di indonesia, misalnya : zebra, seagull, cookville, hamilton beach, dll. Merk lokal pun ada bima, tapi saya belum pernah menggunakan nya, sehingga saya tidak paham apakah kualitasnya 304 atau 205.


4. CERAMIC/ ENAMEL
Lapisan alat masak enamel, asalnya adalah dari gelas. Biasanya, alar masak enamel adalah alat masak cast iron/besi, baja, atau aluminium, yang dilapisi dengan gelas/porcelain enamel. 

Memang sifatnya menjadi non toxic, serupa alat masak kaca temper, namun memang ada beberapa orang yang mengkhawatirkan masuknya timbal didalam kaca enamel masuk kedalam makanan.

Seperti hal nya stainless steel, kit perlu memilih dengan bijak alat masak yang kita beli. Gunakan hanya alat masak enamel dengan kualitas tinggi, bukan produksi lokal tanpa lisensi. Le Creuset memiliki garansi seumur hidup untuk produk alat masaknya.
Menurut test yang dilakukan ke alat masak Le Creuset, tidak ditemukan adanya timbal yang larut kedalam masakan. Walaupuuun alat ada sedikit timbal yang muncul khusus untuk bagian luar dari alat masak berwarna merah dan oranye. Tetapi, bagian dalam nya tetap non timbal.



5. CAST IRON (BESI)
Alat masak dari besi umum digunakan oleh ibu-ibu dan bahkan nenek-nenek kita.
Berat dan besar.

Alat masak berbahan dasar besi ini masih memiliki kekurangan, yaitu kita harus melakukan proses seasoning yaitu menuangkan minyak ke alat masak dengan merata dan memanggangnya diatas api kompor sampai terbentuk lapisan pelindung. Lapisan ini akan mencegah zat besi larut kedalam makanan. Karena, zat besi yang berlebihan bagi tubuh, juga merugikan kesehatan. Apalagi, jika memasak makanan tipe asam/acidic food. Sangat mudah zat besi nya larut.

Bagi yang tidak suka repot ato tidak bisa seasoning, yaa pilih lah aja alat masak yang lain.



Nah, minna san, jadi pilih yang mana alat masaknya?

Komentar

  1. Gue stres baca ini, sumpah..😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya temenin stress Mbak hutri, sampe beberapa Malam terakhir ini gak bisa tidur mikirin peralatan masak kami yg kebanyakan teflon

      Hapus
    2. Ahahahahaha... mba hutriiii.... semoga semangat yaa.. 😘

      Hapus
  2. Hay mba icha salam kenal
    Nice post, dan sy jd melek panci abis baca hehee
    Cari tau tentang merk bima ternyata dia AISI 304, INOX Premium 18/18 lho..

    BalasHapus
  3. kalo alat masak dr gerabah tanah liat yg biasa dipake nenek nenek jaman dulu itu gimana kak? apakah sdh ada penelitian kesehatannya?

    BalasHapus
  4. Huhuhu, sy jadi pengen makan tanpa masak aja deh. Daripada bingung pilih panci, mari kkita nge raw. Hehehe

    BalasHapus
  5. Baiklah...mariii hempassskaaan yg onooo maaak yuuuk

    BalasHapus
  6. I salam kenal mba, saya punya panci nya bima 18/8 sama prima boga 18/10 tapi kadang klo goreng2 masih kelupaan pkai wajan biasa.
    Mba, mau tanya kalau untuk ceret kok saya belum nemu ya.

    BalasHapus
  7. Salam kenal Mba, biasanya beli solingen n zebra dmn? Sy cari online byk bgt. Ada yg rekomended kah?
    Makasi sebelumnya mba..

    BalasHapus
  8. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus
  9. Amazing Pals...Web-Blog kamu sangat mengispirasi kawan, tetap pertahankan
    dan kreatif terus dan semangat juga yaaa
    Jual Plat Stainless Steel
    Jual Plat Aluminium
    PT Lisati Berkah Indonesia

    BalasHapus
  10. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  11. Nama saya Mrs. Effie Kustiyo email effiekustiyo@gmail.com dari jl panji 22 rt 5/4, malang, Indonesia. Saya adalah kesaksian sejati RIKA ANDERSON LOAN COMPANY sebagai salah satu orang paling bahagia di Indonesia saat ini dan saya mengatakan pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberi tahu namanya kepada dunia dan saya sangat senang mengatakannya bahwa keluarga saya kembali dan bahagia selamanya karena saya mendapat hibah pinjaman sebesar Rp85.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ibu dengan 7 anak dan semuanya bergantung pada saya.

    ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan bank online menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa pendapatan sangat rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka menipu uang saya dari saya dengan janji untuk membantu saya tetapi semua kebohongan.

    Saya bertemu dengan tiestimony di facebook dan di blog tentang Mother RIKA ANDERSON LOAN COMPANY beberapa kali dan saya bertanya-tanya apakah itu asli sehingga saya menghubungi beberapa penguji Mother Sabrinar Aditya di email sabrinaraditya59@gmail.com saya menghubungi Mother Maria Fadhlan di facebook dan email mariafadhlan@gmail.com dan saya juga menghubungi ibu Margaretha Asmaran di Facebook whatsapp dan email margarethaasmaran@gmail.com

    Saya akhirnya menghubungi CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di whatsapp dan saya merujuk ke email perusahaan

    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491

    mengirimkan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, RIKA ANDERSON LOAN COMPANY di mana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu tetapi saya terkejut, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp85.000.000 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan, melalui email di: Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +15183602491 karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. Jika Anda membutuhkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, perusahaan Rika Anderson dapat membantu Anda.

    BalasHapus
  12. Saya Queen Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIA yang telah berkeliling mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati, saya menghabiskan hampir 12 juta dalam tangan pemberi pinjaman palsu.
    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah PERUSAHAAN RIKA ANDERSON LOAN. Saya mendapat pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Yang lain semua pembohong, Tapi PERUSAHAAN RIKA ANDERSON LOAN memberi saya mimpi dan kebahagiaan saya kembali.
    alamat email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: +15183602491
    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati

    BalasHapus
  13. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  14. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK ( GAME TERBARU )
    - Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 50.000
    * Minimal Withdraw : 100.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 20 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.5 % Dibagikan 2 kali dalam seminggu
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Whatapps: +85595897137
    LINE: ituQQ
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    * Login ituQQ
    * DaftarituQQ

    BalasHapus
  15. Saya Queen Chahaya dari Gang plamboyan 1 kec kembangan, Jakarta barat, Indonesia, saya menggunakan waktu ini untuk semua teman saya INDONESIA yang telah menemukan mencari pinjaman, Anda hanya perlu berhati-hati, saya menghabiskan 12 juta untuk membeli bantuan pinjaman.
    Satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah PERUSAHAAN RIKA ANDERSON PINJAMAN. Saya mendapat pinjaman Bisnis online saya sebesar Rp50.000.000 dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Yang lain semua pembohong, Tapi PINJAMAN RIKA ANDERSON perusahaan memberi saya mimpi dan kebahagiaan saya kembali.
    alamat email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Hubungi / Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Email pribadi saya sendiri: queenchahaya@gmail.com.
    WA +6282235421239 Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda mau. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan saya untuk saran. Hati-hati

    BalasHapus
  16. Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami, klien dan pelamar. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1 (323) 689-3663
    Obrolan Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001

    BalasHapus
  17. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus
  18. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum
    Data pribadi
    Negara: Indonesia
    Nama: Wahyu Sapto Handoko
    Email: wahyusaptohandoko256@gmail.com
    Alamat: Jl. Sukarela rt.02 / 05 Paninggilan, Ciledug, Tangerang
    Sudah empat tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam Rp1,2 miliar dari ibu Helen dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipuan online. Ibu Helen Wilson telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran pinjaman bulanan yang saya pinjam sebelumnya, saya memohon kepada Ibu Helen bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis lebih lanjut sehingga saya meminta tambahan Rp3,7 miliar setelah melalui saya proses hukum. pinjaman itu disetujui oleh manajemen mereka dan saya menerima pinjaman saya dalam waktu kurang dari 48 jam di rekening bank BRI saya. Saya tidak memiliki tantangan dengan bank karena Mrs. Helen Wilson dan tim manajemen pinjaman WEMA Finance telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah baik di Amerika Serikat, MALAYSIA, INDONESIA dan Rumania, sehingga tidak ada masalah sama sekali.
    Untuk pinjaman apa pun, saya sangat merekomendasikan Ibu Helen Wilson hari ini dan selalu
    Email: (helenwilson719@gmail.com)

    WA: +1-585-326-2165

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh

    BalasHapus
  21. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya Yeyes Ristintares tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini agar semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar meandukung saya melalui kebaikan Ibu Ny. Helen Wilson. Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan lebih dari 32 juta Rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda setelah membayar beberapa biaya dan tidak mendapatkan pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, jadi saya memanggil keberanian dan menghubungi Ibu Helen.

    Saya mengajukan pinjaman 900 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dibuat pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa Allah akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ny. Helen Wilson untuk membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ny. Helen melalui email: (helenwilson719@gmail.com) atau Whatsapp: +1-585-326-2165 untuk Anda pinjaman

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini. Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Allah akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya Yeyes Ristintares, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: yristintares@gmail.com

    BalasHapus
  22. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  23. BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN SAYA DARI PERUSAHAAN BESAR INI

    Halo teman-teman sekalian, saya Kuwat Wibawa, saat ini tinggal di Surabaya. Saat ini saya seorang janda dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada April 2020 dan saya perlu membiayai kembali. bayar tagihan saya dan perbesar bisnis. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil, dan sebagian besar bank menolak kredit saya, jangan menjadi mangsa para penjahat di luar sana yang menyebut diri mereka pemberi pinjaman uang, mereka semua scam, yang mereka inginkan hanyalah uang Anda dan Anda tidak akan mendengar kabar dari mereka lagi mereka telah melakukannya kepada saya lebih dari dua kali sebelum saya bertemu dengan Nyonya Helen Wilson. Setelah ditipu sebesar Rp 16 juta oleh para scammer, saya semakin terlilit hutang dan saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman.

    Jadi saya berdiskusi dengan teman saya Asmaul, dia adalah seorang Perawat dan memiliki pengalaman serupa. Dia kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Helen Wilson, pemberi pinjaman di perusahaan tersebut. Teman saya meminta saya untuk melamar dari ibu Helen, saya memberanikan diri dan menghubungi Bu Helen, mengisi formulir aplikasi pinjaman. Semuanya berjalan lancar dan yang paling menarik adalah pinjaman saya ditransfer kepada saya dalam waktu 24 jam jadi saya akan menyarankan Anda untuk menghubungi Ibu Helen jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dan Anda yakin dapat membayar kembali. hubungi dia melalui email ……… (helenwilson719@gmail.com) atau melalui WhatsApp; +1-585-326-2165. Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada cosigner dengan hanya suku bunga 2% dan rencana pembayaran kembali yang lebih baik dan jadwal jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan kemudian hubungi Ny. Helen Wilson hari ini untuk pinjaman pasti Anda, dijamin 100%.

    Mereka menawarkan semua jenis kategori pinjaman mereka

    Pinjaman jangka pendek (5_10 tahun)
    Pinjaman jangka panjang (20_40)
    Pinjaman berjangka media (10_20)
    Mereka menawarkan pinjaman seperti
    Pinjaman perumahan ............., Pinjaman usaha ........ Pinjaman mobil .......
    Pinjaman pelajar .........., Pinjaman awal .......
    Pinjaman Real Estat ......., Pinjaman Perusahaan ....... dll
    Email .......... helenwilson719@gmail.com
    WA: +1-585-326-2165
    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka Helen Wilson keuangan adalah tempat untuk pergi tolong katakan padanya saya Tuan Kuwat Wibawa mengarahkan Anda dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya (kuwatwibawa1@gmail.com)

    BalasHapus
  24. Salam Semua.
    Saya Edi Sugiarto dari Yogyakarta, Allah telah dikaruniai dua orang anak dan Istri tercinta Linda Fitriawati, saya ingin membagikan kesaksian saya karena ALLAH mencintai saya. Setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk mengambil pinjaman. Kemudian saya bertemu seseorang, orang yang salah mengaku sebagai pemberi pinjaman, dan tidak tahu bahwa itu semua adalah penipuan. Saya ditipu seharga 27 juta Rupiah, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirimi saya email sejak itu. Saya menjadi bingung, seluruh hidup saya hilang. Istri saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar jutaan, yang saya pikirkan saat ini hanya bunuh diri, teman saya bernama Santoso datang menemui saya pada hari yang naas itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh Ibu Wahyu Handoko untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta kakaknya untuk membantu saya mengurus istri dan anak-anak saya, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia bertanya kepada kami pertanyaan "Apakah Anda Siap Untuk Apa yang Diperlukan Untuk Menjadi Kaya" dengan berani di jemaat kecil itu, saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis .

    Kami pergi dan dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjamannya dan koneksinya melalui HELEN WILSON yang hebat, Pemberi Pinjaman online, segera saya takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Ibu Helen Wilson, seperti yang diarahkan oleh Wahyu Handoko dari konferensi. Saya dan teman saya mulai memproses sementara Pak Wahyu telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya yang memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari bank, pinjamannya telah dilunasi, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk konfirmasi, paginya pemberitahuan datang, akhirnya saya mendapat pinjaman sebesar 720 juta Rupiah dari Helen Wilson, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian Pak Handoko menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami tiba di tempat itu dan melihat dampak orang asing terhadap perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk mulai berinvestasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Helen saya mulai mengimpor dan hari ini saya dan istri saya telah mendirikan dua perusahaan besar.

    Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah Ms. HELEN WILSON, hubungi dia hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini email helenwilson719@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya sugiartoe385@gmail.com, untuk konfirmasi. Perhatikan, ada banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh menyiapkan situs web pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semua scammers .

    Jadi hubungi perusahaan induk Helen sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya (helenwilson719@gmail.com) dan WA-nya: +1-585-326-2165 . ALLAH melihat hatiku dan dia tahu aku mengatakan yang sebenarnya dan tidak ada yang lain selain kebenaran.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ideal Lifestyle (saya)

KOMPOSTER GERABAH